cool hit counter

PDM Kota Malang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Malang
.: Home > Berita > Tiga Pesan Pak Haidar Terkait Peran Muhammadiyah

Homepage

Tiga Pesan Pak Haidar Terkait Peran Muhammadiyah

Minggu, 13-05-2018
Dibaca: 238

Foto : Dr. Haidar Nashir, M.Si memberi taushiah kepada warga Muhammadiyah Kota Malang (13/5)
 
 
 
Makotamu - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang untuk kesekian kalinya mengadakan Tabligh Akbar bagi warga Muhammadiyah pada khususnya dan warga kota Malang pada umumnya.
 
Ahad (13/5) bertempat di Masjid Jendral Ahmad Yani Jl. Kahuripan Malang acara ini menghadirkan Ketua PP. Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, M.Si.
 
Tabligh Akbar kali ini mengambil tema Meningkatkan Peran Muhammadiyah dalam Pembangunan Bangsa yang Mandiri dan Berkarakter.
 
Menurut Haedar ada tiga hal utama agar menjadi manusia yang memiliki peran dalam pembangunan bangsa. Pertama, Menjadi manusia berkualitas, yang tipe ini akan mengalahkan seluruh manusia yang kurang berkualitas. Berkualitas dalam artian memahami ayat tidak sebatas teori tetapi juga aplikasi. 
 
"Sebagai contoh meminta dan memberi maaf tidak mudah. Meskipun teorinya gampang. Pada saat Syawal tangan berjabat dengan tangan, namun hati belum tentu bisa saling memaafkan. Sikap seperti ini yang menjadi manusia kurang berkualitas, karena lahir tidak sama dengan batinnya." ujar Haidar
 
Kedua, manusia hidup di dunia memiliki tugas. Pertama, Beribadah kepada Allah (Abdul Allah) yang harus tunduk kepada Allah. Kedua, Khalifah di muka bumi. Khalifah adalah pengganti Allah dalam mengelola dan memelihara bumi.
 
"Sebagai umat Islam kita harus bisa menjadi Khalifah demi memenuhi tugas tersebut. Sebagaimana bila Musa tidak mau menjadi Khalifah, maka rusaklah Bani Israil pada waktu itu karena dikuasai oleh Fir'aun yang serakah, sombong." Ujar Haidar
 
Ketiga, Harus punya cita-cita khoiru ummah. Dengan kuatnya aqidah melalui keseimbangan antara hablun min Allah wa hablun min an-Nas.
 
"Ibadah harus baik, tidak sebatas rukun dan syarat tetapi juga harus khusyu' dalam shalat dan di kehidupan nyata. Selain itu juga diperlukan kekuatan ahlak secara pribadi dan membentuk Kesalehan sosial". Pungkas Haidar (Dien)

Tags: Tabligh Akbar VI
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Majelis Tabligh



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website